fbpx
Thu. Aug 18th, 2022

MindsetMerdeka.id

Official Website #MindsetMerdeka by Bro Neal

Ada 10 Hal Perlu Diperhatikan oleh Pemilik Bisnis, Karena Bukan Uang Yang Menyelesaikan Segalanya – Tommy Nayoan

3 min read

Apakah uang akan selesaikan segala urusan? Salah bro, Bukan uangnya yang bisa selesaikan segala urusan, tapi Mindset dan Tindakan Loe yang akan menyelesaikan segala urusan.

Mindset gue tentang uang itu seperti ini. Uang itu hanya “Pembantu” gue, yang bisa gue suruh-suruh untuk mengakomodir kemauan dan kebutuhan dalam suatu hal.

Buat loe yang memiliki bisnis, ada 10 hal dari gue yang perlu loe perhatiin dan lakukan biar bisnis loe berkembang sekaligus menjaga hubungan sama customer loe juga terjalin dengan baik, terutama ditengah kondisi pandemi seperti ini. 10 hal ini juga bisa lo pake untuk menjaga cash flow dan bisa lebih bersyukur.

(Pertama) Ajak ngobrol atau bicara dengan customer Loe, tanyakan kabarnya dan kabar bisnisnya. Bangun komunikasi dengan tulus dan perhatikan kesulitan apa yang mungkin bisa loe bantu sebagai vendor.

(Kedua) Pastikan customer mudah berdiskusi dengan loe, seperti cantumkan informasi yang jelas bagaimana menghubungi loe disetiap tagihan yang loe kirimkan kepada customer.

Karena disitu mungkin aja loe akan mendapatkan kesempatan untuk membantu customer loe dalam kesulitan untuk membayar tagihan yang loe kirimkan.

(Ketiga) Buat flexible invoice (jatuh tempo tagihan yang lebih longgar) mengingat bahwa semua bisnis sedang dalam keadaan berat, sehingga melonggarkan jatuh tempo tagihan akan sangat membantu customer loe untuk bertahan.

Tagihan dapat dibayarkan secara parsial, dimana akan membantu cash flow loe dan pihak customer tetap terjaga tanpa harus kehilangan customer!

(Keempat) Bantu customer loe dengan tulus.

(Kelima) Pikirkan cash flow bisnis Loe. Apabila terdapat kebutuhan cash flow yang sangat mendesak, maka loe dapat “menggadaikan” tagihan loe ke institusi yang menjalankan “peer to peer landing” sehingga loe menerima cash flow lebih cepat walaupun dengan konsekuensi berkurangnya jumlah uang yang loe terima atas nilai tagihan kepada customer.

(Keenam) Tawarkan discount untuk tagihan yang masih outstanding di customer, dengan melakukan ini maka loe akan memperlihatkan kepada customer tingkat kepedulian loe yang tulus atas bisnis mereka yang sedang melambat akibat krisis.

(Ketujuh) Tangguhkan 1 – 2 produk atau jasa kepada customer. Apabila customer loe mendapatkan beberapa product atau jasa loe, maka loe memiliki kesempatan untuk meringankan beban mereka dengan menawarkan sebagian penangguhan produk atau jasa loe. Bahkan mungkin memberikan produk atau jasa loe secara free untuk 1 – 2 bulan ke depan.

Tapi ingat bahwa apabila loe mengambil langkah ini harus dengan pertimbangan yang matang, karena mungkin saja setelah loe memberikan “free” untuk periode tersebut ternyata customer loe tidak mampu melanjutkan kontraknya dengan loe.

(Kedelapan) Hapus Piutang Usaha loe, keadaan bisa saja memburuk untuk customer loe karena terkena pandemi corona. Maka hal yang perlu dilakukan adalah hapuskan sebagian piutang usaha loe kepada beberapa customer, pastikan ini adalah jalan keluar terakhir yang bisa dilakukan untuk membantu customer loe. Sebelum melakukan langkah ini pastikan 2 hal yaitu :

  • Cash flow perusahaan masih mencukupi untuk melakukan hal ini.
  • Selalu melakukan monitoring terhadap laporan keuangan Loe terutama pada bagian Piutang Usaha yang tidak tertagih alias Piutang macet.

(Kesembilan) Naikkan batas kredit limit usaha loe, Jika loe memiliki customer yang loyal terhadap bisnis loe hingga di situasi krisis pandemi ini, maka pertahankan mereka! Cara mempertahankan mereka adalah dengan memberikan batas limit kredit customer loe.

Loe tahu, bahwa biasanya loe memiliki batas limit kredit untuk setiap penjualan yang loe berikan kepada customer. Naikkan batas kredit limit itu dengan hati-hati dan perhitungan yang matang. Hal tersebut akan membuat customer Loe merasa dihargai oleh Loe dan menunjukkan bahwa Loe terus mau mensupport bisnis customer Loe.

(Kesepuluh) Jika lo tahu ada customer yang ninggalin loe, cari tau kenapa customer itu meninggalkan loe. Dengarkan, pelajari dan terima alasan dengan tulus kenapa customer memutuskan untuk meninggalkan loe disaat dan situasi seperti sekarang ini.

Hal tersebut akan membuat loe belajar pentingnya untuk mempertahankan customer loe, sehingga tidak terjadi lagi kepada sisa customer yang loe masih miliki.

Loe sebagai pemilik usaha yang harus memilih akankah terus meratapi nasib, situasi dan keadaan ataukah loe akan melakukan yang terbaik dari situasi terkini dalam kehidupan loe.

“Cara loe melihat uang akan mempengaruhi loe bagaimana memperlakukan uang dalam seluruh kehidupan loe”

Tommy Nayoan
CEO & Founder of Anomali Transition
“The Money Man”

Follow IG @TommyNayoann << Click

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *